Sekilas tentang tugu di Kota malang

By febrianto putra → Sabtu, 14 Juni 2014

Bagi warga kota malang, siapa sih yang tidak mengenal dengan gambar tugu di atas tersebut. Pasti semua pada kenal dengan tugu di malang itu. Hari ini saya akan mengulas tentang apa maksud tugu kota malang itu tersebut.

Tugu malang ini berdiri tegak di depan kantor pemeritahan kota malang. Tugu ini di kelilingi kolam dan taman bunga yang sangat indah sekali.

Pada zaman Belanda, taman ini pertama kali dibuat oleh Gubernur Pemerintah Hindia Belanda (nama negara Indonesia pada saat dijajah Belanda) yang pada saat itu dipimpin oleh Jenderal Pieter Zoen Coen. Dengan modelnya yang masih sederhana dengan konsep terbuka (belum terdapat tugu) dan tanpa dibatasi pagar . Pada waktu itu taman ini dibangun untuk sekedar pelengkap halaman gedung Kegubernuran Hindia Belanda.


Setahun setelah Kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tanggal 17 bulan Agustus tahun 1946 (hasil KMB di Den Haag) , masyarakat Malang mendesak untuk merubah struktur pemerintahan daerahnya dengan menjadikan orang Indonesia sebagai pimpinannya. Sekaligus diletakkan batu pertama pertanda dibangunnya Monumen Tugu yang ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan A.G. Suroto lalu diresmikanlah. Tetapi pada tahun 1948, terjadi agresi militer Belanda I yang menghancurkan monumen tugu ini (bentuk kekesalan Belanda atas kegigihan “arek-arek” Malang). Dan pada tahun 1953, pemerintah Malang kembali membangun Monumen Tugu dan diresmikan (lagi) oleh Presiden RI yaitu Ir. Soekarno.


Sekian artikel kuthamalang dengan judul Tentang tugu di kota malang Mari baca lebih lanjut dan lihat foto jadulnya di Mediacenter kotamalang dengan klik mediacenter.malangkota.go.id. Trimakasih semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.
Tentang Kota Malang

Kota Malang adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini berada di dataran tinggi yang cukup sejuk, terletak 90 km sebelah selatan Kota Surabaya, dan wilayahnya dikelilingi oleh Kabupaten Malang. Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, dan dikenal dengan julukan kota pelajar. Hari jadi kota malang adalah 1 April 1914

1 komentar to ''Sekilas tentang tugu di Kota malang "

ADD COMMENT